Friday, January 23, 2009

Dulu Friendster, Sekarang Facebook


Akhirnya muncul satu lagi situs pertemanan di dunia maya. Setelah dulu Friendster sempat begitu riuh rendah, sekarang gantian Facebook.
Jika dulu masyarakat dilanda demam Friendster, sekarang giliran demam Facebook yang sedang melanda masyarakat.
Sebenarnya, virus apa yang dikeluarkan oleh Facebook, sehingga kini telah begitu menyedot perhatian masyarakat ?



Dibandingkan dengan situs pertemanan yang lain, cukup bisa diakui jika Facebook memiliki sesuatu yang berbeda dengan yang lain. Hanya butuh waktu tiga bulan, Facebook mampu menaikan grafis penggunanya sebanyak 93 persen. Dalam tempo satu tahun, peringkat facebook naik dari 60 menjadi peringkat 7 sebagai website yang paling banyak dikunjungi setiap harinya. Sementara menurut situs Wikipedia, Facebook menjadi situs foto nomor 1 di Amerika Serikat, mengungguli situs lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya. Tak heran, karena layanan Facebook lebih dapat memuaskan masyarakat.

Facebook menawarkan fasilitas dan kelebihan yang lebih banyak dibandingkan situs-situs pendahulunya. Salah satu yang paling mencolok dari situs Facebook adalah kemampuan seseorang untuk mengirimkan gift atau hadiah virtual kepada teman yang berada dalam jaringan pertemanan. Disamping itu masih banyak lagi keunggulan lain dari situs ini.

Bukan tanpa sebab jika situs Facebook begitu populer, sebab, seperti sudah banyak diulas di media, melalui situs jejaring sosial ini, Barack Obama yang kini telah sah menjabat sebagai presiden AS, mampu mengalahkan rivalnya Hillary Rodham Clinton, saat pemilihan presiden AS pada tahun 2008. terinspirasi dari kisah Obama, para politis kita di tanah air, ikut-ikutan latah memanfaatkan media ini untuk mencari popularitas agar dilirik oleh rakyat pada Pemilu 2009.

Wajar saja jika situs ini kemudian digandrungi sejak dari anak sekolahan sampai presiden sekalipun. Karena, melalui situs ini, popularitas begitu gampang didapat, berbeda dengan dunia nyata. Melalui Facebook, kita bisa mengetahui seseorang secara lengkap seperti nama, tanggal lahir, foto, alamat, pekerjaan, atau semua informasi seseorang yang disertakan didalamnya. Meskipun semua informasi yang ditampilkan di situs tersebut hanya yang baik-baik saja, dan tidak jauh berbeda dengan di dunia nyata.

Dibalik kelebihan, pasti ada kekurangan. Disamping banyak kelebihan-kelebihan yang disajikan oleh Facebook, tetap saja Facebook memiliki kekurangan. Sebagai contoh, adanya complaint mengenai kesulitan seseorang menghapus account yang telah dibuatnya di Facebook. Dalam Facebook menghapus member disini tidak bisa dengan "one-klik solution", untuk keluar bisa dibilang tidak semudah membuat account di dalam situs bergengsi ini. Sedangkan yang diinginkan adalah kita bisa dengan mudah keluar dari member seperti saat kita masuk menjadi member di situs ini dengan cepat.

13 comment:

maya-pertekom said...

yup!! facebook cepet bgt ratingnya.. gak heran banyak pengguna internet yang notabene adalah member dari sebuah situs pertemanan lbih milih facebook daripada stuck di friendster..
facebook lebih banyak aplikasinya, lebih dinamis.. jadi ga heran klo skrg pengguna internet = facebook addict!! kira" apa yah next situs pertemanan yang lbih canggih aplikasinya???

Anonymoussaid...

ada juga loh kekurangan facebook yang lain .
mungkin karena penggunanya udah banyak banget, ada beberapa profile yang suka hilang dengan sendirinya.
kan kasian yang temennya udah banyak, foto udah banyak, harus ilang begitu saja tanpa sebab.

Anonymoussaid...

facebook = ajang eksistensi diri..
so,bisa diliat dengan mudahny ada di tingkat mana seseorang terlihat semakin eksis hanya dengan menghitung berapa banyak teman yg dia punya,dan seberapa sering ia mengupload foto terbarunya.

Anonymoussaid...

ya betul karena facebook tampilannya lebih menarik, dan bisa chat dengan teman2 yg kita kenal. berbeda dgn friendster...

dapoer-ayah said...

facebook emng keren, selain dia memiliki berbagai fitur yang tidak dimiliki oleh friendster,
di facebook memiliki algoritma yang hebat dan terdapat AI (Artificial intelligence)

Anonymoussaid...

sebenarnya sudah cukup lama saya punya account di facebook, dari jamannya belum rame seperti sekarang ini hingga ngebuka webnya pun masih lama loadingnya. kalau menurut saya web pertemanan seperti facebook ini yang saat ini paling "in" hampir di semua kalangan, karena dari applikasi, foto (yang bisa ngetag teman-teman) dan lainnya. selain itu kita juga jadi tahu seseorang itu mengidolakan siapa, merk barang apa yang biasa dia pergunakan, pengguna facebook yang telah menjadi teman kita dapat mengetahui hal-hal apa yang sedang kita rasakan, sedang dimana kita, habis kemana kita (dengan meng-upload foto terbaru), dapat tahu status kita (relationship status)dan lainnya. jika dibandingkan dengan situs pertemanan yang lain ambil contoh friendster dan myspace. kalau friendster saat ini lebih dominan dengan para ABG dan applikasinya hanya itu saja (kurang hidup), sedangkan kalau myspace lebih dominan orang-orang yang menyukai lagu-lagu dari group band atau artis lainnya. tetapi dalam hal demikian facebook pasti ada pro dan kontranya, dan pula ada postif dan negatifnya. tetapi sejauh ini saya pribadi sekarang lebih menyukai facebook karena satu dan lain hal, bisa dikata setiap ada waktu untuk berinternetan web yang pertama saya buka facebook. heuheuhue ;D

Unknown said...

emg, gw aja sekarang uda jarang buka account friendster gw, udah terkena sindrom facebook addict kyn, hehe.. nyokap bokapnya temen gw juga pd punya account di facebook ko, kt mereka sih bukan cuma anak muda yg butuh ajang eksistensi dan aktualisasi diri..x)

*fallenstar said...

facebook tuh berguna banget buat jaga relationship antar negara.asli deh..bukan sekedar ajang eksistensi diri..banyak fitur yang memungkinkan kita untuk mengenal orang lebih jauh,,:)

bebet said...

pestbuuk yah??
enak, gurih, lejat lah pokonya...
social network yg paling hip saat ini, bukan skedar ikut2an trend ato gamo ketinggalan jaman, tp emg segala hub pertemanan dipermudah disono..
pokonya ayo smua add acc gw ya albert doanrik...
hwahawhaw...
piz ah..

talitha said...

pengen eksis ya hrs punya facebook...
FB selain untuk ajang eksistensi diri jg berguna sebagai sarana promosi diri... tinggal tag portofolio dan VOILA!! job berdatangan.... hahahah...
sangat efisien dan efektif...

Anonymoussaid...

facebook tuh kan udah lumayan lama ada kan yak.
Yah, jaman friendster dulu tampilannya kan monoton dan cakupan wilayahnya (Friendster yang dipakai di Indonesia yak) kan cuman Asia Tenggara, sedangkan Facebook kan sedunia ya jelas lebih sip.
Trus fiturnya emang lebih jempolan dibanding sama Friendster dulu.
Kita bisa mempromosikan diri kita maupun band kita di facebook, walaupun menurut fakta sih kalo mau mempromosikan diri lewat situs begituan sih lebih enak di myspace, udah banyak band2 yang lahir dari myspace bahkan lewat youtube !!

Anonymoussaid...

iya ni facebook lebih banyak aplikasinya sih
jeleknya facebook ya udah ga ada privasi lagi sihhh
hahahahahhaa

Anonymoussaid...

gak punya facebook, ilang dari pergaulan. hahah..

gw kuliah di luar negri. 90% komunikasi kita make internet. kalo ngumpul, mayoritas bahan2 omongan yang kita bicarain/ketawain itu dari facebook. kebayang aja kalo gak ngikutin perkembangannya... bisa mati kutu gw.. heheh

kebawa lingkungan sih ya.. bukannya pgn eksis, cuman ya.. biar nyambung aja sama anak2 lainnya

 
© free template by Blogspot tutorial