Sunday, January 25, 2009

Maha karya Indah Di Pulau Bali

Pesona keindahan pulau Bali, memang sudah diakui oleh banyak orang. Tidak hanya oleh masyarakat Indonesia, tetapi juga oleh para turis mancanegara yang pernah mengunjungi pulau nan eksotis tersebut. Tidak sedikit orang yang pernah berkunjung kesana, ingin kembali lagi untuk dapat merasakan dan melihat keindahan pulau Bali. Bukan hanya keindahan alam yang dapat kita nikmati, akan tetapi karya-karya seniman Bali, juga mampu membuat kita terpesona.

Keindahan Bali tidak hanya saya dengar dari orang-orang yang pernah berkunjung kesana, tetapi keindahan itu dapat saya buktikan, sewaktu saya berlubir ke Bali untuk pertama kalinya, pada tahun 2003. Saat itu saya berangkat menuju Bali dengan menggunakan transportasi darat, yaitu bus. Saya berangkat dari Bandung menuju Bali, hampir menghabiskan waktu dua malam. Sesampainya di Bali, saya langsung menuju ke hotel tempat saya menginap, untuk beristirahat dahulu sebelum mengelilingi Bali keesokan harinya.

Tiba keesokan harinya, saya pun mulai menjelajahi tempat-tempat wisata di Bali. Banyak tempat wisata yang saya kunjungi, seperti pantai Kuta, pantai Nusa Dua, danau Kintamani, pantai sanur, Tanah Lot, dan beberapa tempat belanja seperti Sukowati dan Butik Galura. Namun, ada satu tempat wisata yang belum saya sebutkan, tetapi tempat wisata tersebut merupakan tempat wisata yang paling berkesan bagi saya, yaitu, wisata Garuda Wisnu Kencana.

Garuda Wisnu Kencana, sering kali disebut GWK, adalah taman wisata di bagian selatan pulau Bali. Menurut apa yang diceritakan pemandu wisata yang memandu perjalanan saya saat itu, taman wisata ini terletak di Tanjung Nusa Dua, kabupaten Badung. Letaknya kira-kira 400 kilometer sebelah selatan Denpasar, ibu kota Bali. Taman wisata GWK, dapat dituju dengan menggunakan kendaraan umum dari pantai Kuta.
Dalam taman wisata ini, terdapat galeri dan dua buah patung, yaitu patung Wisnu dan Garuda yang amat besar. Konon patung ini lebuh tinggi dari Statue of Liberty yang berada di New York City, Amerika Serikat. Patung Garuda Wisnu Kencana berlokasi di Bukit Unggasan, Jimbaran, Bali. Patung ini merupakan karya salah satu pematung terkenal Bali, I Nyoman Nuarta. Monumen ini menjadi ikon bagi pariwisata Bali dan Indonesia.

Patung berwujud Dewa Wisnu yang dalam agama Hindu adalah Dewa Pemelihara (Sthiti), mengendarai burung Garuda. Patung ini diproyeksi untuk mengikat tata ruang, dengan jarak pandang sampai dengan 20 kilometer, sehingga dapat terlihat dari Kuta, Sanur, Nusa Dua, hingga Tanah Lot. Patung ini terbuat dari campuran tembaga dan baja seberat 4000 ton, dengan tinggi 75 meter dan lebar 60 meter.

Kawasan wisata seluas 250 hektar ini, merangkum kegiatan seni budaya, tempat pertunjukan, serta berbagai layanan kuliner. Saya tidak hanya bisa melihat keindahan patung Dewa Wisnu dan Garuda saja, namun, saya dapat menikmati fasilitas yang berada di kawasan taman wisata tersebut. Berdekatan dengan patung Dewa Wisnu, terdapat parahyangan Soma Giri. Sebuah mata air keramat, dimana air yang mengalir, mengandung kandungan mineral-mineral utama. Air tersebut dipercaya dapat menyembuhkan penyakit.
Fasilitas lain yang membuat saya tambah terkagum-kagum adalah dengan adanya Amphitheatre. Amphitheatre merupakan tempat pagelaran seni yang tidak tertandingkan. Lotus Pond yang dilatar belakangi kepala Burung Garuda adalah areal berkapasitas 7500 orang, gunanya untuk menggelar perhelatan akbar. Street theatre merupakan tempat yang sangat tepat untuk berbagai propesi, fashion show dan berbagai pertunjukan bergerak.

Selain itu, ada lagi fasilitas lainnya, yaitu Plaza Kura-kura, yang memiliki kapasitas sampai 200 orang. Sebagai tambahan, yang terbuka untuk umum, Exhibition Gallery yang memiliki luas 200 meter persegi, dan terdapat 10 meter persegi halaman terbuka didalamnya.
Indahnya maha karya patung Garuda Wisnu Kencana dan pesona keindahan pulau Bali, selalu membuat saya selalu ingin kembali berlibur ke pulau yang memiliki julukan pulau Dewata ini. Liburan saya saat itu, saya akhiri dengan sebuah makan malam yang indah di pesisir pantai Jimbaran, Bali.

9 comment:

maya-pertekom said...

pengen k baliiii!!!!!
artikel kalian bagus.. fokus lagi di travel, fashion, ama teknologi.. trus info tentang gadget" baru. next artikel tentang maldives island yah?? pliiissss...
luv u buns-pengo!!

Anonymoussaid...
This comment has been removed by a blog administrator.
dapoer-ayah said...

wah emng keren tuh GWK,
kebutulan kemaren gw baru dari bali..
sayang kemaleman jadi cuma liat wisnunya aja.

pesona bali semuanya keren.
klu indonesia mengexplorasi semua budaya nya saya yakin indonesia itu tidak akan kekuarangan

Anonymoussaid...

eeheeuummmm...selain pesona keindahan bali beberapa temen gw juga mengalami spiritual journey di sana ...buat gw sendiri gw sih ketemu jodoh gw..buahahahahaa........!!!

wah bali..aset negara kita yang luar biasa tuh temen2..mari kita lestarikan terus..mm ngomong2 bali gw jadi pengen surfing..hhe

bali!
kenapa ya pantai yang selalu di expose itu bali??
padahal masih banyak pantai2 di Indonesia yang bagus.

tapi BALI = the island of god

Bali emang indah
It's the island of the Gods kalo orang bule bilang. Kalo kata gw sih Bali tuh NYENI. Cuman gw ga sukanya makn kesini bule2 yang dateng jadi cuman kenal Bali doang tanpa mengenal Indonesia. Kalo ditanya Bali dimana dia tau tapi giliran ditanya Indonesia dimana kikuk dah tuh bule. Jadi kalo bisa sih promosikan bahwa Bali tuh bagian dari Indonesia hahhahah

Bali..
inilah salah satu aset negara kita yang paling bersinar di mancanegara. Ga ada yang bisa nyaingin Bali. Tapi gw pengen ga selalu Bali yang di ekspose terus menerus. Di Indonesia masih banyak tempat bagus yang belum di ekspose.

Bali the one and only...
cheers.........

Anonymoussaid...

yup, gwa setuju sama opini-opini
bahwa bali itu terlalu di ekspose.
masih banyak juga pantai-pantai lain di indonesia yg gak kalah bagus dibanding pantai-pantai di bali. bangga juga bali bisa dikenal sampai hampir di seluruh dunia, tapi sedikit kecewa juga karena orang-orang luar negeri gak tau kalo bali itu bagian dari negara indonesia.