Monday, January 19, 2009

Internet Hanyalah Medium dari Media Massa

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa sejumlah perubahan dalam kehidupan masyarakat dunia. Saat ini kita dapat memperoleh informasi secara tepat dan lengkap dari seluruh dunia. Teknologi tersebut biasa kita kenal dengan sebutan "internet".

Internet merupakan teknologi komunikasi modern yang banyak dipergunakan oleh masyarakat luas saat ini. Hal ini terbukti dengan terus meningkatnya para pengguna teknologi ini dalam setiap saatnya. Hadirnya internet juga telah menambah inovasi dalam dunia komunikasi. Dengan mengaksesnya, kita dapat berhubungan dengan orang-orang yang berada dimanapun. Hal ini merupakan salah satu hal yang belum dapat ditandingi oleh media massa dalam bentuk lain.

Kebanyakan orang saat ini telah terjebak pada pengertian bahwa internet adalah media massa. Itu artinya internet dianggap memiliki fungsi yang kurang lebih menyerupai fungsi dari media massa. Padahal media massa dan juga internet merupakan dua jenis hal yang sangat berbeda, baik dari segi fungsi dan isinya.

Internet secara harfiah, merupakan singkatan dari kata "interconnected-networking", yang berupa rangkaian komputer yang saling berhubungan satu sama lainnya. Internet juga dapat kita artikan sebagai sebuah jaringan komputer dengan skala global. Jaringan global ini, mampu membuka pintu informasi dari berbagai arah. Internet juga disamping itu memiliki beberapa fungsi. Pertama, sebagai alat untuk melakukan proses pertukaran pesan melalui layanan e-mail. Kedua, memudahkan kita dalam pencarian software essay, data dan juga program. Ketiga, internet juga digunakan sebagai alat untuk berhubungan dengan orang lain yang berada di belahan dunia manapun. Pelaku utama dalam teknologi internet adalah mesin.

Sedangkan media massa, menurut pengertian yang dikemukakan oleh Dominick adalah media yang digunakan dalam proses komunikasi massa. Pengertian media massa tidak hanya sebatas pada alat mekanik yang digunakan media massa tersebut untuk menyebarkan dan menyimpan pesan. Fungsi dari media sendiri bagi masyarakat secara umum ada empat, yaitu surveillance, correlation, transmission dan entertainment. Pelaku utama dalam media massa adalah manusia, yaitu orang-orang yang bekerja dibawah sebuah institusi media tertentu.

Media massa memang memiliki beraggam sifat dan karakter yang jauh lebih khusus dibandingkan dengan internet. Hal itu sangat jelas terlihat jika kita telaah media massa dari karakteristiknya, sifatnya dan juga khalayaknya. Bagi teknologi internet, siapapun juga dapat keluar masuk secara bebas. Hal itu dikarenakan internet tidak memiliki segmentasi khusus, seperti pada media massa lainnya. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika media internet ini sama sekali tidak memiliki saingan. Internet juga bukan merupakan sebuah perusahaan yang didirikan sebagai sebuah penyedia informasi yang juga berfungsi untuk meraup keuntungan sebanyak-banyaknya seperti media massa pada umumnya.

Internet hanya merupakan sebuah medium bagi proses komunikasi massa yang umumnya yang dilakukan oleh media massa. Internet jelas bukan merupakan media massa. Ia hanya medium saja bagi terciptanya proses penyebaran dan juga pertukaran informasi yang dilakukan oleh media cetak dan juga elektronik yang dibuat secara on-line di internet. Internet bukan sesuatu yang dapat kita raba dan kita lihat seperti media kertas pada surat kabar ataupun gambar pada televisi. Ia merupakan hasil dari konvergensi teknologi. Ia hanya pengantar dari informasi yang disampaikan oleh berbagai situs-situs yang ada.

Referensi :
Kamus Komputer dan Teknologi Informasi
Wikipedia
Bahan Mata Kuliah Komunikasi Massa oleh Dosen Dra. Laswani
Bahan Mata Kuliah Manajemen Media Massa oleh Dosen Djadja U
Bahan Mata Kuliah Bahasa Jurnalistik oleh Dosen Dandi Supriadi
Buku Media Massa dan Masyarakat Modern, William L. Rivers - Jay Jensen Theodore Reter
Enda Nasution Weblog archieve 2005




2 comment:

dapoer-ayah said...

nice post..

karena internet adalah "medium media massa"

di dalam media massa kita dapat mendapatkan semua info yang sangat banyak..

dan terimakasih kepada guru besar google sbgai situs pencari terbaik.

Anonymoussaid...

Mungkin memang banyak yang menyangka internet adalah medianya..padahal dia hanyalah media penghubungnya saja..mungkin literai media masyarakat yang nyebabin kesalah kaprahan ini..kapan indonesia bakal melek media sepenuhnya?

 
© free template by Blogspot tutorial